Kirim Chat ke Pengguna Whatsapp Tanpa Perlu Save Nomor Whatsapp? Emang Bisa?

Kirim Chat ke Pengguna Whatsapp Tanpa Perlu Save Nomor Whatsapp? Emang Bisa?

Kirim Chat ke Pengguna Whatsapp Tanpa Perlu Save Nomor Whatsapp? Emang Bisa?
Hai sobat, kali ini igniel.com dan kickandre.xyz akan berbagi tips ringan seputar aplikasi chatting atau messaging paling populer di dunia, yaitu whatsapp. Tutorial berikut bertujuan untuk kirim chat ke pengguna whatsapp tanpa perlu save nomor terlebih dulu.

Ini akan sangat membantu para pemilik online shop yang ingin melakukan follow up pada calon pembeli. Nomornya pasti banyak banget tuh, kan pegel kalau harus disimpan dulu satu per satu. Maka dari itu, kita akan membuatnya lebih simple dan efisien lagi. Biar proses pekerjaan online shop kita pada calon pembeli lebih cepat.

1. Memanfaatkan API WhatsApp

Tidak perlu menggunakan aplikasi bantuan dari pihak ketiga apapun, kode API ini sudah sangat praktis dan anti ribet untuk digunakan dan diaplikasikan di jenis situs web. Itu karena, kita akan memanfaatkan API whatsapp resmi yang formatnya begini.
#1. Tanpa pesan pembuka https://wa.me/<nomor>
Contoh lengkap :
https://wa.me/6289912345678
#2. Dengan pesan pembuka https://wa.me/<nomor>?text=<pesan>
Contoh lengkap :
https://wa.me/6289912345678?text=Hi, aku Igniel. Apa kabar?

Dimana <nomor> adalah nomor handphone penerima. Dengan aturan ketentuan :
  1. Nomor harus lengkap dalam format internasional yang mengunakan kode negara. Karena kita ada di indonesia, kodenya adalah 62. Jika nomornya 089912345678 harus diganti menjadi 6289912345678.
  2. Jangan gunakan spasi, tanda plus, kurung, strip, atau karakter lainnya ketika menuliskan nomor.
  3. Harus nomor yang aktif dan terdaftar akun WhatsApp.

Kemudian <pesan> adalah isi pesan yang akan dikirim. Dalam web resminya tertulis bahwa pesan harus dalam bentuk yang sudah di-encode. Artinya semua spasi diganti dengan %20. Tapi tidak apa-apa kalau misalnya tidak diganti. Aku sudah coba soalnya dan tidak terjadi apa-apa kok. Alias, aman terkendali hehehe.

2. Cara Penggunaanya

  1. Buka browser smartphone sobat. Mau Chrome, UC, Opera, atau apapun bisa.
  2. Masukkan URL yang contohnya sudah tertulis di atas tadi.
  3. Ketika URLnya sudah terbuka, klik saja tombol SEND.
  4. Maka sobat akan diarahkan ke aplikasi whatsapp. Dan balon pesan akan langsung terisi dengan text yang sudah ditentukan sebelumnya.
Kirim Chat WhatsApp Tapa Save Nomor HP
Gampang dan sederhana kan sobat artikel kali ini, mengenai cara mengirim chat whatsapp langsung ke calon pembeli hehehe?. Semoga aja artikel ini ada manfaatnya bagi sobat, yang sering melakukan kegiatan marketing di whatsapp. Dan semoga juga, artikel kali ini bisa membantu sobat dalam hal berjualan. Diharapkan setelah mengikuti panduan artikel ini, jualan online shop sobat semakin laris manis dan lancar jaya nantinya hehehe. Terima kasih.

Berlangganan update artikel terbaru Infombah.Me via email:

0 Response to "Kirim Chat ke Pengguna Whatsapp Tanpa Perlu Save Nomor Whatsapp? Emang Bisa?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel